Oleh: majalah merah putih | Januari 3, 2010

viera

VIERRA:

INGINKAN GENERASI YANG KREATIF DAN BERJATI DIRI

Akhir-akhir ini Indonesia semarak oleh kehadiran grup-grup band yang digawangi anak-anak muda. Acara di TV sampai ringtone HP sangat sesak oleh musik lagu kreatif karya grup-grup band tersebut. Mayoritas remaja Indonesia memiliki grup band idola sesuai selera musik dan kepribadian masing-masing. Salah satu grup band yang sedang diidolakan remaja adalah VIERRA. Grup band yang terdiri dari empat personel cakep tersebut belum lama ini manggung di Semarang dalam acara bertajuk BLOW FABOLUOUS yang digagas anak OSIS SMA Nasima. WARNA MERPUT yang terdiri dari Fahmi Rezqa, Dhea Qomara, Septian Luthfi, Fitria Yudhanti, Nailul Husna, dan Gea Felicia, semuanya siswa SMA Nasima, berkesempatan melakukan wawancara eksklusif dengan VIERRA. Kesantunan dan keramahan para personel VIERRA menjadi nilai tersendiri yang memukau para Warna Merput. Berikut petikan ngobrol-ngobrol asyik bersama VIERRA. Tentunya mereka bergantian memberi jawaban, tapi kelihatannya yang paling banyak menjawab tuh si Kevin, Tria juga. Widy dan Raka kadang-kadang aja, seperlunya gitu.

Hai VIERRA … slamat datang di Semarang … slamat datang di Sekolah Nasima …kami mau tanya-tanya nih! Kok kalian namanya VIERRA sih … mengapa pilih nama itu sebagai nama grup band kalian? Apa maknanya?

Makasih … ndak nyangka bisa mampir di sekolah Nasima. Lingkungannya bagus dan tampak bersih. Sayang pas ndak ada siswa-siswanya, pasti lebih happy bila ketemuan ama mereka. Oh ya VIERRA itu berasal dari bahasa Jerman vier yang artinya empat, jadi VIERRA sama dengan empat orang yang jadi satu, ya kita-kita ini. Kebetulan Kevin sempat mengenyam pendidikan di Jerman jadi cukup gaul dengan bahasa negara produsen Mercy (merk mobil-red) tersebut.

Ceritanya gimana bisa terbentuk grup band ini? Apakah selalu kompak atau pernahkah ada perselisihan pendapat ataukah pernah bongkar pasang personel?

Ndak begitu terencana tuh. Ndak tahu gimana ceritanya pada awal tahun 2008 kami ketemuan, ngobrol-ngobrol, ya … akhirnya main musik bareng. Trus jadilah grup ini. Tepatnya tanggal 4 Maret 2008 kita serius menjadikan grup ini fokus berkarya secara profesional. Sampai saat ini masih utuh berempat, toh usia band kami juga masih relatif muda. Klik-klik kecil antara kami ya pasti ada, misal ada yang terlambat latihan, ngebawa masalah kuliah ke latihan, dan sebagainya. Tapi itu kita sikapi wajar aja, normallah bila itu semua terjadi.

Gimana cara kalian untuk jaga kekompakan persahabatan dan atasi perselisihan?

Kuncinya pada komitmen untuk tetap bersatu. Bila ada perbedaan kita sikapi sesuai porsinya. Tidak harus menghadapi emosi dengan emosi, sewajarnya aja. Tak baik bila ada api dibalas dengan api, harusnya api ya dengan air atau biarkan aja dengan kesabaran pasti akan padam sendiri. Kalau satu sedang bermasalah maka yang lainnya harus menawarkan ketenangan dan solusi. Yang penting banyak berkomunikasi dan saling tukar canda, berusaha tetap ceria gitu.

Apa sih visi misi VIERRA dalam bermusik, khususnya bagi generasi muda yang banyak mengidolakan kalian? Trus siapayang paling banyak mengarang lagu atau beride musik?

Kevin yang paling banyak beride dan mencipta lagu. Yang lainnya juga tetap terus memunculkan ide-idenya. Pokoknya kami berempat selalu saling menyempurnakan setiap ide menjadi karya musik yang lebih mantap menurut ekspresi kami. Visi misi kami sederhana, dengan kemampuan musik yang kami miliki, kami ingin terus berkarya agar dapat menghibur orang lain.

Tolong dong kami dikasih tips agar kami mampu kreatif dan berani memunculkan ide menjadi sesuatu yang akhirnya menjadikan kami bermanfaat dan membuat orang mengakuinya?

Jadilah diri sendiri. Temukan bakat atau potensimu. Apakah itu bermusik, menggambar, mendesain, menulis, sain, olah raga atau apa saja yang muncul dari dirimu harus kamu kenali dan kembangkan dengan banyak latihan dan latihan. Jangan sekedar ikut-ikutan yang lagi ngetrend, nanti kamu akan kehilangan jati dirimu.

Pernah ndak kalian menghadapi problem atau hambatan-hambatan dalam kalian berkreasi dari awal sampai jadi grup band ternama seperti saat ini?

Problem pasti ada namanya aja manusia. Yang penting kita jangan pernah putus asa dan bermalas-malasan. Hadapi dan selesaikan problem itu untuk melangkah ke depan yang lebih baik. Bila tak bisa selesaikan sendiri, ada sahabat-sahabat yang bisa bantu atasi problem kita.

Menurut kalian lebih utama mana antara studi dengan berkarier sebagai anak band?

Kebetulan saat ini kami masih kuliah. Studi dan berkarier sama pentingnya, dua-duanya untuk masa depan kami. Yang penting kita bisa mengelola diri dengan membagi waktu. Ketika harus ada yang dikorbankan, kita harus punya fokus yang jelas dan alternatif langkah-langkah untuk hal yang kita korbankan. Misal banyak waktu kuliah yang tersita untuk tour promosi album. Karena promosi adalah hal vital dalam karier musik, kami fokus dulu ke situ, latihan dan tampil sebaik-baiknya. Tentunya telah memohon ijin atau dispensasi dari dosen. Bila sudah selesai kami akan mati-matian belajar untuk mengejar ketertinggalan studi kami. Kami tetap berobsesi sukses bermusik juga berprestasi dalam kuliah, minimal nilainya tetap pantas n ndak malu-maluin gitu lah…

Sekarang pertanyaan agak rumit nih … Grup band kata orang-orang identik dengan pergaulan yang jauh dari sopan santun dalam bermode pakaian, berkata-kata, bertingkah laku, dan sebagainya … padahal gaya anak band itu ditiru di sekolah-sekolah? Nah, brarti khan jelas ada pertentangan antara mode rambut ato pakaian anak band di panggung dengan peraturan sekolah! Gimana nih sikap anak band sendiri dan sikap yang harus dilakukan para siswa yang ada di lingkungan sekolah?

Adik-adik yang masih sekolah harus bisa membedakan mana di panggung musik dengan lingkungan sekolah. Apalagi kami atau banyak grup musik adalah para mahasiswa atau profesional yang sudah dewasa. Dunia kami memungkinkan untuk bebas berekspresi dalam musik ataupun tentang mode-mode pakaian, rambut, dan sebagainya. Kami memang dituntut untuk tampil unik dan menarik dalam kancah entertainmen atau dunia hiburan. Terus terang ndak ada maksud kami agar anak-anak atau penggemar meniru apa yang kami lakukan. Para penggemar yang masih sekolah ya harus menaati ketentuan yang ada di sekolahnya. Ada norma dan etika yang harus ditaati oleh anak-anak yang masih sekolah, dari TK sampai setingkat SMA/SMK. Rambut dan pakaian harus rapi. Kalau sudah mahasiswa lain ceritanya …

Tentang pergaulan bebas, kenakalan remaja, dan narkoba, gimana pernyataan VIERRA?

Katakan tidak dengan tegas untuk pergaulan bebas, rokok, minuman keras, dan narkotika! Termasuk global warming he … he … he …

Untuk para pelajar atau generasi muda Indonesia apa pesan VIERRA?

Fokus dan lakukan dengan sungguh-sungguh apa yang sedang kamu hadapi saat ini, karena itu akan menjadi pijakan untuk masa depanmu kelak. Temukan potensi diri dan kembangkan dari saat ini. Jadilah diri sendiri, generasi yang kreatif dengan ide dan karya-karya, bukan generasi yang suka ikut-ikutan trend. Jaga akhlaq. Jadilah orang yang bermanfaat. Jadilah generasi yang membanggakan. (pram)

BIODATA ANGGOTA GRUP BAND VIERRA

Nama                                     : Widy Soediro Nichlany (Widy)

Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 8 Mei 1990

Posisi dalam grup                : Vokalis

Pendidikan sekarang          : Mahasiswi

Motto hidup                           : Santai aja kayak di pantai, ngalir aja kayak di air,

walah-walah nikmatnya hidup ini

Nama                                     : Kevin Aprilio (Kevin)

Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 7 April 199

Posisi dalam grup                : Keyboardist

Pendidikan sekarang          : Mahasiswa semester 4

Motto hidup                           : When there is a will, there is a way

Nama                                     : Rediansyah Satrianda Widjanarko (Tria)

Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 28 Juni 1988

Posisi dalam grup                : Drummer

Pendidikan sekarang          : Mahasiswa

Motto hidup                           : Belajar untuk menang

Nomor 1 nggak ada nomor 2

Nama                                     : Raka Cyril Damar (Raka)

Tempat, tanggal lahir          : Jakarta, 16 Agustus 1989

Posisi dalam grup                : Gitarist

Pendidikan sekarang          : Mahasiswa Universitas Pelita Harapan

Motto hidup                           : Tidak pernah menyesal jika gagal

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.551 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: