Oleh: majalah merah putih | Januari 3, 2010

AGENDA NASIMA

Tim Pakar UNNES Dukung Penjaminan Mutu Akademik Sekolah Nasima

Dalam rangka memperkuat mutu sistem akademik di Sekolah Nasima, YPI Nasima menggandeng akademisi UNNES dalam kerja sama Penjaminan Mutu Akademik. Kerja sama ini merupakan penyataan Program Kerja Sekolah Nasima yang telah ditandatangani menjelang tahun pelajaran 2009/2010. Sebagai awalan, kerja sama penjaminan mutu difokuskan ke SMP Nasima. Tak tanggung-tanggung, enam pakar mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional intensif mendampingi tim guru SMP Nasima. Mereka adalah para dosen berpengalaman di bidangnya. Ada yang menjadi ketua jurusan, dosen pascasarjana, trainer mata pelajaran tingkat nasional, bahkan ada yang menjadi pembimbing Olimpiade Sain Nasional.

Drs. Wagiran, M.Si mendampingi tim guru Bahasa Indonesia, Drs. Moch. Chotim, MS untuk tim guru Matematika, Bambang Subali, M.Pd untuk tim guru IPA Fisika, Drs. Ibnul Mubarok, M.Si untuk tim guru IPA Biologi, dan Drs. Ahmad Sofwan, Ph.D untuk tim guru Bahasa Inggris. Tim dosen dikomandoi oleh Dr. Kardoyo, M.Pd.

Dr. Kardoyo mengatakan, bahwa pola kegiatan intensif yang dilakukan untuk tim guru SMP Nasima meliputi tiga tahapan. Pertama adalah tahap persiapan yang meliputi analisis kurikulum yang termaktub dalam rencana pembelajaran dan workshop. Kedua, tahap pelaksanaan meliputi supervisi kelas, diskusi solusi, dan perbaikan pembelajaran. Sedangkan tahap ketiga adalah evaluasi, meliputi analisis dan prediksi soal,  penyusunan alat evaluasi, serta program pengayaan menghadapi ulangan umum atau ujian nasional.

Program penjaminan mutu ini merupakan salah satu komitmen Yayasan Pendidikan Islam Nasima untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan secara sistematis berkelanjutan. Sebelumnya yayasan telah melengkapi laboratorium-laboratorium bahasa, komputer, dan IPA dari PUD sampai SMA. Kelas-kelas SD sampai SMA telah dilengkapi komputer dan LCD proyektor. Bahkan untuk memonitor pembelajaran maupun perilaku siswa telah dipasang kamera CCTV untuk semua ruang SMP dan SMA NAsima. Drs. H. Ragil Wiratno, MH, Wakil Ketua Pengurus YPI Nasima, menegaskan bahwa lengkapnya fasilitas harus diimbangi dengan proses pendidikan yang inovatif dan berkualitas. Ke depan kerjasama penjaminan mutu akademik akan diterapkan untuk semua jenjang pendidikan di Sekolah Nasima, imbuhnya. Dia optimis bahwa pola ini akan berhasil signifikan menciptakan kultur dan prestasi akademik yang meningkat. (Pram)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: