Oleh: majalah merah putih | Januari 23, 2010

16 TAHUN SEKOLAH NASIMA, MERAH PUTIH PENDIDIKAN INDONESIA

AGENDA

16 TAHUN SEKOLAH NASIMA, MERAH PUTIH PENDIDIKAN INDONESIA

Kamis, 7 Januari 2010 Yayasan Pendidikan Islam Nasima tepat berusia 16 tahun. Yayasan yang mengelola pendidikan Kelompok Bermain, TK, SD, SMP, dan SMA Nasima memilih tajuk “16 Tahun Sekolah Nasima, Merah Putih Pendidikan Indonesia” untuk peringatan miladnya.

Menurut Ketua Panitia Milad Nasima ke-16, Dra. Sulastri, M.Pd, Sekolah Nasima senantiasa konsisten mengembangkan pendidikan yang berlandaskan nasionalisme dan keagamaan. Kurikulum pendidikannya memadukan kurikulum umum dan lokal sekolah. Praktik pembelajarannya terintegrasi dengan pendidikan agama dan akhlak al karimah, wawasan kebangsaan, penguasaan multibahasa, pemanfaatan teknologi informasi, serta eksplorasi lingkungan. Peringatan Milad Nasima merupakan momen penting untuk memperkuat pemahaman dan komitmen bagi keluarga besar sekolah, maupun masyarakat.

Ragam Kegiatan Digelar

Berbagai kegiatan diselenggarakan oleh panitia. Kegiatan diawali dengan shalat Duha, zikir, doa, dan penyantunan anak-anak yatim piatu di kampus PUD-SD dan kampus SMP-SMA Nasima tepat pada Tahun Baru Hijriyah, Jumat, 18 Desember 2009. Santunan berasal dari infaq siswa. Siswa PUD-SD mengumpulkan infaq sebesar Rp 4.116.100, sedangkan siswa SMP-SMA Nasima Rp 3.330.000. Infaq yang terkumpul disantunkan kepada 15-an anak yatim piatu di masing-masing kampus. Kegiatan lainnya untuk pengurus yayasan, guru, karyawan, dan orang tua siswa adalah kompetisi bulu tangkis ”Nasima Family Cup”, jalan sehat, lomba menapi beras, lomba ”miru” kain jarik, donor darah, dan paduan suara. Kegiatan untuk siswa meliputi ”jelajah Nasima”, lomba gobak sodor, dan macapat.

Lomba bulu tangkis ”Nasima Family Cup” digelar pada Minggu, 3 Januari 2010 di GOR Kembangarum. Kompetisi dilaksanakan dengan sistem gugur. Lomba dibagi menjadi tiga kelompok. Juara I dan II untuk kelompok kelas 3-4 SD putra diraih oleh Adjar David Ginola dan Daffa Ega Maulana, sedangkan juara III diraih Arif Rizky Darmawan dan Satwika Amar Wafi. Untuk putri, Juara I dimenangi Anantia Nurfa dan juara II Shinta Salsabila. Kelompok kelas 5-6 putra SD, juara I Moh. Ammar Ramadhan, juara II Habibi Rizki W, juara III Rionando Angkasa dan Muhammad Alaya. Kelompok kelas 5-6 putri, juara I Safriska Desna Putri, juara II Erdhita Ratna Shafira, juara III Qothrunnada al Munawaroh dan Sita Ramadhani Saputra. Juara kelompok ganda putra dewasa, juara I diraih Gunandar (karyawan Nasima)-Suharto (OTM SMA Nasima), juara II Ragil Wiratno (pengurus YPI Nasima)-Joko Sunarto (karyawan Nasima Grup), dan juara III Kasbi (karyawan Nasima)-Khamdi Ali Nasrun (OTM SD Nasima). Suratmin, guru Penjasorkes SD Nasima selaku koordinator kegiatan berharap kompetisi bulutangkis untuk peserta internal maupun eksternal Nasima perlu rutin digelar untuk berperan serta memasyarakatkan bulu tangkis, menjaring bakat, sekaligus menjalin silaturahmi.

Jangan Merasa Masih Berumur Muda

Acara inti adalah istigotsah keluarga Nasima di Rabu malam, 6 Januari 2010 di Masjid Baitul ’Alim kampus SMP-SMA Nasima. Dewan pembina, pengurus, dan pengawas Yayasan Pendidikan Islam Nasima, serta seluruh guru dan karyawan khusyu’ melafalkan Rathibul Athos. Dalam balutan pakaian bernuansa putih jamaah Nasima tak henti-hentinya bermunajat memohon keberkahan pada yayasan dan sekolah Nasima. Menutup acara malam itu, Prof. Dr. H. Amin Syukur, MA, Ketua Pembina YPI Nasima memberi nasehat-nasehat berharga pada keluarga Nasima.

”Nasima jangan selalu merasa masih muda. Persepsi itu akan melemahkan Nasima untuk melakukan percepatan-percepatan mutu,” pesan Guru Besar IAIN Walisongo dan pendiri LEMBKOTA (Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf-red). Sekolah Nasima harus selalu siap untuk merespon maupun mengantisipasi perkembangan jaman. Globalisasi, AFTA, dan sejenisnya telah terjadi tanpa bisa dibendung. Kekompakan, kerja sama, semangat, dan kerja keras harus terus dikembangkan pada semua insan Nasima. Goalnya adalah Sekolah Nasima yang semakin dipercaya masyarakat sebagai pembangun generasi berilmu dan berakhlak al karimah. Selain itu alumni Nasima juga dituntut mampu bersaing dan bersanding dalam kompetisi global.

Seiring bertambahnya usia, Nasima harus bersyukur dan memanfaatkannya. Kunci pokok yang menjadi pondasi semua usaha Nasima adalah istiqomah dan terikat dengan Allah, serta bermanfaat bagi sesama. Semua harus yakin, bahwa Sekolah Nasima pasti jaya, pungkasnya. (pram)

TIM SMA NASIMA MENANGI LOMBA DESAIN PINTU GERBANG UNNES

”Punden berundak kami pilih menjadi ide dasar desain pintu gerbang Unnes. Sebagai universitas yang bervisi ke depan, Unnes tetap melestarikan budaya bangsa dan dari waktu ke waktu semakin meningkat menuju puncak. Puncaknya berupa terwujudnya lembaga pendidikan yang kuat secara kualitas”, presentasi Wendy Sarasjati, siswa kelas XI SMA Nasima, di hadapan tim penilai Universitas Negeri Semarang. Wendy, bersama dua rekannya, Sidicky Rahmat Hakim dan Fitria Yudanti tergabung dalam Tim SMA Nasima dalam lomba Desain Pintu Gerbang Universitas Negeri Semarang tingkat SMA/SMK se Jawa Tengah-DIY tahun 2009.

Babak penyisihan diikuti sekitar 30-an tim dari SMA/SMK. Setiap tim harus menyerahkan softfile dan print out gambar proyeksi, gambar perspektif, dan rencana anggaran belanja. Tim yang lolos ke babak final harus mempresentasikan 3 aspek tersebut dilengkapi dengan deskripsi dan filosofis desain. Final dilaksanakan di Unnes pada tanggal 22 Desember 2009. Alhamdulillah, tim SMA Nasima menjadi yang terbaik dan meraih piala, sertifikat, serta uang pembinaan. ”Kuncinya adalah kecerdasan siswa menggali ide, kreativitas memadukan ide dengan literatur pendukung, kerja keras berhari-hari, serta komitmen tim untuk menampilkan desain yang komprehensif,” papar Ahmad Nurudin, S.Kom, salah satu guru pembimbing. Guru seni rupa, sejarah, bahasa, dan komputer grafis berpadu membimbing tim menuju prestasi yang membanggakan tersebut. (pram)

PEKAN SISI SEKOLAH NASIMA

Dalam rangka mengakhiri pembelajaran, sekolah Nasima mengadakan rangkaian kegiatan yang dinamai Pekan SISI atau Pekan Kreasi dan Apresiasi. Selama sekitar sepekan unit-unit sekolah Nasima menyelenggarakan aneka lomba antar kelas, pentas seni, dan pameran karya siswa. PUD-SD Nasima menyelenggarakan lomba gobak sodor dan footsal antarkelas. Pentas seni melombakan aneka penampilan dari tiap ekstrakurikuler dan kelas. Tarian, drama, puisi, rebana, mendongeng, dan musik band menyemarakkan panggung SISI PUD-SD Nasima sepanjang hari Kamis, 17 Desember 2009.

Serupa di kampus PUD-SD, di kampus Nasima Jl. Trilomba Juang No.1, SMP-SMA Nasima juga menggelar aneka kegiatan Pekan SISI  yang dikemas integratif dengan peringatan Hari Ibu. Lomba yang diadakan oleh OSIS SMP-SMA Nasima adalah lomba membuat hidangan sarapan pagi, footsal, bola volley, cerdas cermat musik, tari kreasi-tradisi, dan ditutup dengan pameran. Karya sketsa dan siluet menjadi dominasi pameran. Selain itu juga ada karya-karya fotografi, kompilasi puisi, kompilasi cerita anak, kompilasi surat untuk sahabat, komik ”Pendidikan Anti Korupsi”, dan lukisan kanvas ”Bakti Orang Tua”. Kreativitas siswa dalam berkarya di beberapa mata pelajaran patut diacungi jempol. ”Kreativitas siswa di setiap mata pelajaran harus difasilitasi agar muncul karya-karya produk pembelajaran dan terjadi proses apresiasi terhadap plus-minus karya temannya. Tidak hanya seni rupa, mata pelajaran PKn, Bahasa, Matematika, IPA, IPS, Penjasorkes, Elektronika, dan lainnya bisa diarahkan pada produk belajar yang inovatif. Selain dapat menjadi bukti proses pembelajaran, karya siswa bisa dijadikan media atau alat peraga edukatif”, demikian Supramono, M.Pd, guru seni Sekolah Nasima menuturkan. (pram)

DAFTAR PRESTASI SEKOLAH NASIMA DESEMBER 2009

PUD NASIMA

SISWA PRESTASI PENYELENGGARA TINGKAT
Luthfan Syaiful Haq Juara II Lomba Sain Sanggar ”Sregep Sinau” Kota Semarang
GURU PRESTASI PENYELENGGARA TINGKAT
Enny Yulianti, A.Ma Juara II Lomba Pembuatan Bahan Ajar Multimedia LPMP Jawa Tengah Propinsi Jawa Tengah
Anik Suciyanti, A.Ma Juara III Lomba Pembuatan Bahan Ajar Multimedia LPMP Jawa Tengah Propinsi Jawa Tengah

SD NASIMA

SISWA PRESTASI PENYELENGGARA TINGKAT
Rasyifa Silvera Arrazaq (tim SSB Tugu Muda) Juara II Kompetisi Sepak Bola PSSI Nasional
Rasyifa Silvera A, Maulana David, eristo Chesa R (tim SD Kec. Semarang Barat) Juara I Kompetisi Sepak Bola Dinas Sosial Pemuda dan Olah Raga Kota Semarang Kota Semarang
Anantia Nurva Juara II Bulu Tangkis Lawang Sewu Tugu Muda Cup Semarang Kota Semarang

SMA NASIMA

SISWA PRESTASI PENYELENGGARA TINGKAT
Wendy Sarasjati, Sidicky Rahmat Hakim, Fitria Yudanti Juara I Lomba Desain Pintu Gerbang Unnes Universitas Negeri Semarang Jawa Tengah dan DIY


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: