Oleh: majalah merah putih | Januari 23, 2010

AGENDA NASIMA

KEGIATAN DI AWAL LIBURAN…

Selama 3 hari di awal liburan semester 1 ini, Yayasan Pendidikan Islam Nasima mengagendakan beraneka bentuk kegiatan. Di unit PUD (KB-TK-Kelas 1-2), kegiatan yang dilakukan antara lain adalah pagelaran wayang kulit, pengenalan cara membuat kue donat dan praktek langsung menghias kue donat, serta menggambar secara berantai.

Semua kegiatan yang diselenggarakan ini difokuskan untuk megasah life skill anak, dimana kegiatan mengisi liburan ini dikemas sedemikian rupa agar anak mempunyai kesan yang dalam terhadap kegiatan yang diselenggarakan.

Pagelaran wayang dikemas secara sederhana dengan menampilkan lakon tentang Bagong. Anak-anak dikenalkan dengan tokoh-tokoh dalam Punakawan antara lain Semar, Petruk, Gareng dan tokoh sentral yaitu Bagong. Pagelaran wayang kulit yang simple memudahkan anak-anak memahami makna yang terkandung di dalamnya, diharapkan dengan pagelaran wayang kulit ini, anak-anak Nasima sejak dini mengetahui dan mencintai kebudayaan adiluhung wong Jowo.

Pengenalan cara membuat donat dilakukan oleh seorang koki khusus yang telah biasa membuat beraneka roti. “Ternyata membuat kue donat mudah ya, semua bahan tinggal dicampur dan dioleni biar adonannya kalis…”ujar Dina salah seorang murid TK Kelompok B. Kegiatan ini dilanjutkan dengan menghias kue donat yang telah jadi. Aneka topping telah disiapkan antara alain meses coklat, meses warna, keju dan butter cream. Anak-anak diberikan kesempatan untuk memilih sendiri topping yang akan digunakan untuk menghias kue donatnya. Semua anak tampak antusias dan berusaha menghias dengan sebaik mungkin. Setelah selesai menghias, anak-anak dipersilahkan untuk menikmati kue donat hasil kreatifitasnya.

Menggambar secara berantai tak kalah serunya, dimana anak-anak diberi fasilitas berupa kertas gambar yang berukuran ± 1 m2 dan cat dengan aneka ragam warna. Secara bergantian dengan teman-temannya mereka berusaha menggoreskan sesuatu sesuai dengan gagasannya.

Liburan yang fantastik…(elly)

KB NASIMA KE SKADRON 31/SERBU

Tawa dan canda riang mewarnai anak-anak KB Nasima saat keberangkatan menuju Skadron 31/Serbu yang berada di daerah Bandara Ahmad Yani. Rata-rata anak-anak ini sudah tidak sabar sampai di tempat tujuan, karena terbayang didalam benak mereka, mereka dapat melihat helikopter secara langsung, dimana selama ini hanya bisa dilihat dari televisi ataupun buku.

Sesampainya di skadron 31/serbu, anak-anak disambut oleh bapak-bapak tentara angkatan udara. Anak-anak dikumpulkan disebuah ruangan dan diputarkan sebuah film dokumenter tentang aneka ragam jenis helikopter. Anak-anak sangat antusias mengamati film dokumenter yang sedang diputarkan, sampai-sampai hampir tidak ada satupun anak yang beranjak dari tempat duduk yang telah di sediakan.

Kegiatan dilanjutkan dengan berjalan-jalan di seputar skadron 31/serbu dan berhenti di hanggar helikopter. Anak-anak tampak bergegas secepat mungkin sampai di hanggar, karena di sana ada sebuah helikopter yang telah disiapkan untuk anak-anak. Walaupun helikopternya berhenti, anak-anak tetap semangat, mereka bermain peran makro, berpura-pura naik helikopter yang sedang terbang sambil bernyanyi bersama ibu guru dan teman-temannya. Beberapa anak tampak penasaran dan menjelajah bagian-bagian helikopter.

Kegiatan kunjungan yang merupakan program unggulan dari Yayasan Pendidikan Islam Nasima ini akan tetap dilakukan dengan menggandeng instansi-instansi terkait agar anak mendapatkan pengetahuan baru secara nyata.(elly)

Mother Day In Nasima

Memperingati hari ibu, siswa-siswi SMP Nasima Semarang mengadakan berbagai kegiatan seperti menyusun kata-kata menyiapkan menu sarapan pagi, membuat kreasi barang bekas, merangkai greatingcard dan kata mutiara yang ditujukan bagi ibu. Juga pada waktu bersamaan diadakan classmeeting yang mempertandingkan footsal,  dancing, dan pameran karya siswa.

Menurut Ibu Ida Susanti, S.Pd. kegiatan hari ibu merupakan momentum bagi anak-anak untuk agar mampu menghargai setiap tindakan yang dilakukan oleh ibu mereka dalam kehidupan sehari-hari. (Tar)

PERINGATAN HARI IBU DI KB-TK-SD NASIMA

Bumi itu bulat…bulat besar sekali…iringan musik ritmik membahana di kampus 1 KB-TK-SD Nasima, Jl. Puspanjolo Selatan 53 Semarang, karena pagi itu ada kegiatan yang diselenggarakan untuk ibu bersama buah hatinya. Ratusan ibu dan buah hatinya membaur bersama di hall untuk melakukan ritmik bersama agar tercipta kebersamaan. Kegiatan itu bertajuk “Aku Sehat dan Kuat, karena Ibuku Rajin dan Cermat”. Penyelenggaraan kegiatan ibu dan buah hatinya ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh PUD (KB-TK,kelas1-2) Nasima dimana kegiatan tersebut merupakan implementasi dari peringatan hari Ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember tiap tahunnya.

Tema yang diangkat merupakan kata kunci dari kegiatan yang dilakukan, aneka lomba diselenggarakan untuk lebih mengeratkan hubungan emosional antara ibu dan buah hatinya. Lomba tersebut antara lain adalah  lomba menyajikan sarapan sehat untuk buah hati, dan lomba menggambar serta mewarnai yang merupakan kolaborasi dari ibu dan buah hati. Untuk lomba menyajikan sarapan sehat untuk buah hati, dikhususkan untuk ibu-ibu dari orangtua murid KB dan TK, sedangkan menggambar dan mewarnai untuk ibu-ibu dari orangtua murid kelas 1 dan 2.

Para ibu dengan semangat yang menggelora berusaha semaksimal mungkin mengikuti lomba yang diselenggarakan. Salah satu orangtua murid yang mengikuti lomba tersebut adalah Ibu Diah, orangtua murid dari Alfito kelas TK A2 menyatakan bahwa kegiatan ini mempunyai dampak yang positif, terutama bagi orangtua dan anak, karena anak secara langsung dapat melihat dan bekerjasama dengan orangtuanya untuk meraih suatu keberhasilan, namun pada dasarnya menang atau kalah itu adalah hal biasa dalam suatu kompetisi, yang penting memberikan pengalaman yang banyak untuk anak, sebagai bekal kehidupannya kelak.

Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Ibu ini ditutup dengan makan bersama jajanan tradisional, pembacaan puisi untuk ibu, dan pembagian hadiah.

Jajanan tradisonal dipilih sebagai menu makanan yang disajikan untuk orangtua murid dengan tujuan agar orangtua  terbiasa untuk menyajikan menu jajanan tradisional bagi buah hatinya karena selain sehat, juga untuk melestarikan makanan tradisonal, ujar Kepala PUD Nasima, Ibu Siti Anisah, S.Pd.

DONGENG 1 MUHARRAM OLEH KAK DAR…

Dentuman musik-musik yang lucu keluar dari mulut Kak Dar, seorang pendongeng asal Jogyakarta yang diundang unit PUD (KB-TK-kelas 1-2) begitu membahana di hall Nasima kampus 1, Jl. Puspanjolo Selatan 53 Semarang. Anak-anak tanpa di komando langsung mencari sosok Kak Dar. Kak Dar memang sudah akrab dengan anak-anak Nasima, karena pada setiap event-event penting, Nasima selalu mengundang Kak Dar untuk mendongeng di hadapan anak-anak. Kepiawaiannya mendongeng, mampu membius anak-anak sehingga anak-anak tetap antusias mendengarkan dongeng yang disampaikan oleh Kak Dar.

Nasima, sebagai sekolah Islam mempunyai keunikkan yang berbeda dengan sekolah Islam lainnya, dimana setiap peringatan hari besar Islam, anak-anak tetap masuk sekolah. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak dapat mengetahui essensi dan memahami makna dari peringatan hari besar Islam, salah satunya adalah kegiatan yang baru saja dilaksanakan yaitu peringatan 1 Muharram.

Kak Dar kali ini mendongeng tentang hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah yang penuh dengan rintangan, namun atas ridho dan kekuasaan Allah SWT, akhirnya Nabi Muhammad SAW sampai di Madinah dengan selamat bersama para sahabat.

Rangkaian acara yang diselenggarakan selain dongeng yang disampaikan oleh Kak Dar adalah pembagian sumbangan untuk anak-anak yatim-piatu yang berada di sekitar lingkungan Nasima. Sumbangan yang disampaikan kepada 15 anak yatim-piatu meliputi uang dan perlengkapan sekolah. Sumbangan ini dikumpulkan oleh anak-anak selama kurang lebih 2 hari. Anak-anak tampak antusias berbagi dengan saudara-saudara mereka yang kurang beruntung….Alhamdulillah, kami dapat berbagi di awal tahun baru ini, ujar Siti Anisah, S.Pd selaku Kepala PUD Nasima, dan kami berharap semoga di tahun-tahun mendatang kegiatan ini menjadi agenda tahunan.(elly)


Responses

  1. MEREKA GENERASI PENERUS BANGSA.

  2. semoga mereka menjadi generasi yang merah putih

  3. Amin….amin….ammin…yaarobbalaalamiin….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: