Oleh: majalah merah putih | Januari 23, 2010

FESBUK UNTUK PENDIDIKAN

Deborah Gita S. (siswa kelas IX SMP Nasima)

Menurut saya facebook dapat dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila guru juga memiliki account facebook. Dengan memiliki facebook guru  dapat membuat grup-grup yang berisi sharing materi pelajaran yang sulit seprti ringkasan materi atau kumpulan rumus-rumus. Facebook juga dapat dimanfaatkan untuk curhat tentang masalah pendidikan dengan siswa-siswanya.

Yang lebih penting lagi tentang manfaat facebook dalam pembelajaran bagi siswa adalah sebagai sarana komunikasi, dimana siswa tidak lagi merasa canggung bisa bertanya banyak hal tentang materi pelajaran baik secara inbox maupun langsung melalui chatting.

Arde Dewantara Arif (siswa kelas IX SMP Nasima)

Saat ini banyak sekali pengguna facebook di Indonesia. Tapi sejauh ini saya lihat, mereka menggunakan facebook hanya sebagai hiburan semata. Kebanyakan mereka menggunakan  facebook hanya untuk melakukan permainan yang banyak terdapat di dalamnya. Hal itu tentu sangat disayangkan, mengingat di facebook dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal yang manfaatnya lebih banyak daripada sekadar permainan.

Pemanfaatan facebook dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan membuat blog yang berisi rangkuman materi pelajaran dan latihan soal, sehingga siswa dapat memanfaatkannya untuk memperdalam materi yang sudah disampaikan di kelas. Selain itu kita juga dapat membuat grup-grup yang bersifat akademis, sebagai wadah untuk bersama-sama berdiskusi atau membahasa materi pelajaran baik online maupun off line. Keterlibatan guru juga penting untuk dapat menjadi narasumber atau penyelaras bagi para pengguna  facebook tersebut.

Wulan Nur Fitriani (siswa kelas IX SMP Nasima)

Menurut saya facebook itu tidak selamanya negatif. Banyak manfaat yang bisa kita dapat disana apabila kita bisa mengelolanya dengan baik. Umumnya para remaja menggunakan facebook hanya untuk saling berkomunikasi, menuangkan isi hati dan perasaan, ngobrol (chat) dengan sesama kawan, atau diskusi dengan tema-tema yang tak terarah. Padahal sesungguhnya dengan facebook kita dapat saling share materi pembelajaran, video pembelajaran atau bahkan memanfaatkannya untuk konsultasi secara online dengan gurunya.

Dinda Rima Melati (kelas VII SMPN 16 Semarang)
Facebook bagi saya apa ya? Saya kan hobinya nulis. FB sebagai sarana untuk mencari teman, terus buat belajar menulis, karya-karya hasil tulisan saya saya posting di catatan FB. Nanti akan banyak komentar dan saran. Dari situ saya belajar memperbaiki tulisan saya. FB juga membantu saya berpendapat tentang keadaan teman-teman saya. Yang sedang gembira, atau sedih kita bisa turut merasakanya dan kasih saran.

Aziz Hidayat (SMK N 4 Semarang)
Kami sangat senang dengan adanya FB. Banyak teman yang bisa diajak berdiskusi. Bagaimana tanggapan tentang hal-hal yang sedang terjadi. Ini menambah wawasan dan pengetahuan. Misalnya saya nulis status “taun baru enaknya kemana yaaa?” dalam beberapa jam banyak temen yang kasih komentar dan saran. Dari saran-saran temen saya bisa banyak pilihan.

Indra Nafi Akhsani (SMPN 1 Semarang)
Facebook ya sarana media bercakap-cakap, trus bisa mengingat temen masa lalu, dan mengetahui orang sedunia. Selain itu dapat melatih berbagai bahasa misalnya kita konsisten FB memakai bahasa Inggris, pasti kita dan teman-teman jadi semakin lancar berbahasa Inggris. Kita juga bisa diskusi online tentang masalah dan pemecahan materi-materi pelajaran. Manfaatkan FB lebih produktif. Jangan hanya untuk ngobrol ngalor ngidul, itu penyakit latah n tak bisa menyelam sambil minum air, artinya tetap gaul tapi juga semakin pintar.
Ghifari Awang Gumilang (Kelas XI SMA 8 Semarang)
dari FB saya bisa bergabung dengan komunitas penggemar otomotif, sehingga info-info tentang otomotif selalu terbaru. Selain itu juga tentang masalah-masalah pelajaran. Saya sangat terbantu dengan adanya info-info tersebut. Selain itu apabila saya tidak mengerti tentang sesuatu hal, saya bisa bertanya pada seluruh anggota komunitas. Dan jawaban mereka sangat berguna. Karena jawaban bukan hanya dari satu orang, tapi bisa puluhan orang.

FACEBOOK UNTUK PENDIDIKAN

  1. Rania Maharani, kelas 4 A SD Nasima

Menurut saya kalau facebook digunakan untuk pendidikan itu bagus banget. Namun fungsi pendidikan justru tidak pernah terdengar, karena rata-rata facebook digunakan sebagai area untuk mengirim kabar kepada teman-teman yang sifatnya santai. Tapi secara pribadi aku setuju banget kalau facebook dipakai sebagai media untuk pendidikan. Aku sendiri pernah menggunakan facebook untuk keperluan pelajaran seperti  ketika membahas tentang home fun atau PR yang diberikan guru pada saat di sekolah.

  1. Fernanada Aburiza Dzaki, kelas 4 A SD Nasima

Hampir setiap hari aku berfacebook ria dengan teman-temanku, rasanya asyik karena bisa saling memberikan komentar dan bertukar kabar. Terkadang facebook juga dipakai sebagai area curhat. Facebook untuk pendidikan memang semakin marak saat ini, namun saya secara pribadi belum pernah memanfaatkannya. Tapi saya pikir bagus juga kalau lewat facebook kita bisa belajar, karena formatnya pasti santai dan isinya cenderung lebih ringan.

  1. Daffa Ega Maulana, kelas 4 A SD Nasima

Facebook adalah jejaring sosial yang memungkinkan aku untuk berkomunikasi dengan teman-temanku. Setiap minggu hanya 2 sampai 3 kali aku membuka situs ini, karena sebagian besar waktuku kugunakan untuk aktivitas yang lain. Facebook untuk pendidikan memang menarik, usul dari saya semua guru di Indonesia punya wadah atau grup yang dapat menginformasikan tentang materi, tugas atau kiat belajar, sehingga saya bisa belajar dari dunia maya.


Tinggalkan Balasan

Kategori

