Oleh: majalah merah putih | Agustus 5, 2010

Wahyu Denni Aryani meraih penghargaan dari CSS

Wahyu Deni Aryani dari SMA Nasima Kota Semarang meraih penghargaan Citi Success Fund atas karya kreatifnya berupa  program Buku Legenda Geografi.

Wahyu yang merupakan guru mata pelajaran geografi tersebut melaksanakan program ilmiah buatannya dengan menggabungkan cerita rakyat nusantara dengan hakekat, prinsip, pedekatan, konsep, dan ruang lingkup geografi.

“Pemberian materi diawali dari menonton video cerita rakyat dan penyampaian pesan moral cerita oleh siswa,” katanya. Ia menjelaskan, program Buku Legenda Geografi tersebut dilakukan secara kelompok dengan menganalisis cerita rakyat dengan 10 konsep dasar geografi yakni konsep lokasi, jarak, keterjangkauan, pola, morfologi, aglomerasi, nilai guna, interaksi, dirensiasi areal, dan keterkaitan ruang.
“Setelah dilakukan analisis, tiap kelompok siswa akan mempresentasikan hasilnya melalui drama di depan kelas,” katanya. Dengan demikian, menurut dia, siswa tidak akan bosan dengan metode pengajaran yang hanya teori dan mudah mengingat materi yang diberikan.

Penerima bantuan dari CSF selain Wahyu Deni adalah  Sutiyana dari SMA Karangturi dengan program Katalog Dolanan Tradisional Semarang. Mereka mewakili Kota Semarang menjadi dua di antara 10 guru SMA se-Indonesia yang mendapatkan penghargaan dari Citi Success Fund ke-8

Citi Success Fund merupakan salah satu rangkaian program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Citi Bank yang bertajuk Citipeka yang memberikan dukungan finansial bagi guru SMA se-Indonesia dalam mewujudkan ide dan berkreasi dalam kegiatan belajar mengajar.(dr)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: