Oleh: majalah merah putih | Agustus 21, 2010

PESANTREN RAMADHAN PLUS YPI NASIMA

PESANTREN RAMADHAN PLUS YPI NASIMA

YPI Nasima menggelar pembukan pesantren Ramadhan di kampus II YPI Nasima Jl Tri Lomba Juang No 1 Semarang. Nabi Nuh As Menjaga Aqidah dan menyelamatkan Alam” merupakan tema utama Pesantren Ramadhan tahun 1431 H. Pesantren untuk  PUD dan SD Nasima dilaksanakan di Kampus I sejak 11 Agustus s/d 5 september 2010, menginap di kampus tanggal 29 Agustus 2010 sampai 5 September 2010.

Pesantren Ramadhan menginap di kampus untuk puteri kelas VII, IX, X dan XII dilaksanakan pada 21-27 Agustus 2010, sedangkan untuk putera dilaksanakan 28 Agustus sampai 3 September 2010. Bagi siswa kelas VIII dan kelas XI menjadi santri sementara di Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Sirampog Bumiayu Brebes.

Taryadi SPd ketua panitia, menjelaskan bahwa pesantren ramadhan adalah wadah pendidikan karakter siswa Nasima melalui pembiasaan prilaku islami dan laku positif lainnya. Pesantren ramadhan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang kehidupan pesantren kepada siswa. Membina akhlakul karimah kepada siswa, guru, dan karyawan YPI Nasima, serta sebagai ajang membiasakan siswa, guru, dan karyawan melakukan ibadah wajib dan sunah.

Manajer umum YPI Nasima Mila Cristanty MM mewakili ketua YPI Nasima menyampaikan bahwa pelaksanaan ramadhan yang diikuti oleh siswa PUD, SD, SMP, dan SMA merupakan wadah berlatih bagi seluruh santri. Manusia memilki kecenderungan positif semisal kebiasaan sholat, berdzikir, berbuat baik. Salah satu manfaat pesantren ramadhan adalah sebagai wadah membiasakan berbuat baik serta untuk berlatih melakukan hal-hal positif.

Materi pesantren ramadhan YPI Nasima yaitu materi fiqih dan pesantren tematik yang meliputi meliputi taharah, shalat, puasa, dakat dan tadarus Al Quran. Untuk menyemarakkan pelaksanaan panitia menyiapkan beberapa materi tambahan yakni musik, games, dongeng Islami, seni peran dan film. Panitia juga meminta seluruh peserta membawa pot dan tanaman hias untuk dirawat dan ditanam di area kampus 2 Nasima.

Khusus bagi santri yang mondok di AlHikmah 2 Brebes mendapatkan pelajaran kajian fiqh, Aqidah Ahlak, tadarus dan mengkaji kitab. Selain itu santri Nasima akan mendapatkan materi ketrampilan berbahasa Arab dan Inggris aktif, budidaya perikanan dan tanaman hias, tata busana serta diajari ketrampilan mengetik huruf Arab.

Masyarakat bisa mengakses informasi tentang kegiatan selama pesantren ramadhan Nasima via website nasimaforum.edu.com yang didevelop oleh siswa SMA Nasima (dr)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: