Oleh: majalah merah putih | Agustus 30, 2012

MOS MTs Miftahussa’adah Fokus pada akhlak anti narkoba

MOS MTs Miftahussa’adah

Fokus pada akhlak anti narkoba

Gambar

Menyadari betapa pentingnya pendidikan akhlak dan bahaya narkoba bagi generasi muda, MTs Miftahussa’adah menanamkan Pendidikan akhlak dan anti nakoba sejak awal masuk sekolah. Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) di sekolah yang terletak di Jl Kauman Wonolopo Mijen Semarang ini berlangsung selama empat hari, Senin – Kamis (16-19 Juli 2012). Melibatkan semua siswa baru tahun ajaran 2012/2013.

GambarHari pertama MOS diisi dengan perkenalan civitas akademik MTs Miftahussa’adah atau biasa disebuf MTs Miftasa, dinamika sekolah, bimbingan rohani dan resitasi. Hari kedua menanamkan Wawasan Wiyata Mandala dan pengetahuan UKS bekerjasama dengan pemerintah kecamatan Mijen dan Puskesmas Mijen.

Bakti sosial dan apresiasi seni budaya menjadi materi pokok hari ketiga, dan hari keempat fokus pada pengenalan lingkungan dan ceramah anti narkoba. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara MTs Miftasa dengan Yayasan Permata Hati Kita Indonesia (YAKITA).

Khusus untuk penanaman karakter islami, setiap akhir sesi MOS diisi dengan bimbingan Rohani. “kami menanamkan nilai-nilai religius sejak awal masuk supaya kedepan siswa bari ini memiliki bekal pengetahuan agama dan paktek ibadah yang matang, sekaligus memetakan kemampuan baca tulis alquran. Hal ini penting karena banyak siswa berasal dari sekolah dasar dan belum lancar membaca al quran,” jelas Drs H Imam Syafi’I, Kepala MTs Miftasa.

Imam Syafi’i menyadari bangsa yang besar adalah bangsa yang menyadari pentingnya melahirkan generasi cemerlang berkualitas pemimpin. generasi yang tidak hanya unggul dalam sains dan teknologi, melainkan juga memiliki kepribadian yang religius. “Generasi seperti ini yang bisa di harapkan menjadi penerus bangsa, yang akan membawa bangsanya menjadi bangsa besar, kuat dan terdepan. Generasi seperti ini bila menjadi pemimpin yang rela berkorban untuk melindungi dirinya dari cengkeraman penjajahan dalam bentuk apapun.”katanya.

Visi Misi MTs Miftasa yaitu Terwujudnya generasi khoiru ummah dan cendekian muslim yang shaleh berwawasan IPTEK. Dilaksanakan dengan menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan Islam guna membangun kompetensi dan keunggulan siswa di bidang ilmu-ilmu dasar keislaman, ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Soal fasilitas, bisa dibilang memadai untuk sekolah yang beru dua tahun berdiri. ruang kelas yang memadai, perpustakaan, laboratorium bahasa dan MIPA, asrama putra dan asrama putri, masjid, aula, dan balai pengobatan.

Kegiatan ekstra kurikuler sifatnya lebih mengarah pada kajian dan pengamalan keislaman yaitu kajian kitab kuning, retorika dakwah tiga bahasa, mujahadah, seni baca alquran, dan rebana. Untuk ekstra kurikuler wajib yaitu pramuka. ada juga ekstra jurnalistik dan beladiri.

Beberapa prestasi berhasil diraih oleh siswa-siswi MTs Miftasa. “Alhamdulillah siswa kami berhasil meraih beberapa prestasi membanggakan pada level karesidenan Semarang kami juara I lomba MTQ, juara II Bola Voley, Tenis Meja, dan kaligrafi pada even Porseni Maarif NU di Kudus bulan Mei lalu. Bulan juli ini kami mewakili Karesidenan Semarang berlaga pada  even nasional di Malang Jawa Timur ,” jelas Masorin SPdI Humas MTs Miftasa.

MTs Miaftahissa’adah merupakan Madrasah Tsanawiyah penerima Program Pembangunan Madrasah Tsanawiyah Satu Atap (MTs-SA) angkatan IV. Hasil kerjasama antara Depag dengan pemerintah Australia dalam program AIBEP (Australia Indonesia Basic Education Program). Baru dua tahun berdiri namun untuk di wilayah Mijen sudah bisa disejajarkan dengan sekolah yang telah lebih dulu ada, baik secara fisik maupun SDM.  (dr)

 

 

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: