Oleh: majalah merah putih | Agustus 30, 2012

SERIUS TETAPI SANTAI MERAIH PRESTASI

Gambar Elang Timur Nusantara yang biasa dipanggil Elang adalah siswa kelas V SD Nasima. Belum lama ini ia bersama 1 temannya (Bagas, juga kelas V) menjadi Juara I Lomba Robotika tingkat SD se Kota Semarang di SMP Ksatrian 1. Robot yang dirangkainya berhasil menjadi yang terkuat dan tercepat diantara puluhan robot lawannya. Elang sangat bersyukur pada Allah bisa menjadi juara. Baginya, apa yang telah dilakukan dalam latihan menuai hasil yang memuaskan.  Dukungan pelatih, guru, dan orang tua sangat memotivasi Elang dan Bagas meraih juara. Elang juga pernah meraih juara lomba kreasi barang bekas, lomba gambar  sketsa, dan pramuka siaga. Di kelaspun nilainya selalu masuk kelompok 5 sampai 10 besar. Beasiswa dari Jamsostek diraihnya sebagai penghargaan atas prestasinya.

Anak sulung dari pasangan Supramono MPd dan Indarti Suhadisiwi MPd ini sebetulnya tampak santai dalam menjalani segala aktivitasnya. Kedua orang tuanya mengakui hal itu dan berusaha memberi motivasi serta bimbingan agar ia tak lena. Meski berpembawaan santai, Elang dibiasakan hidup disiplin, mandiri, dan bertanggung jawab. Setelah shalat Subuh tugas rumah segera ia selesaikan sebelum berangkat rumah. Merapikan tempat tidur, menyapu  teras, dan memberi makan ikan di aquarium adalahpekerjan kecil yang melatih  keajegan. Kalau Elang lupa, orang tuanya pasti mengingatkannya. Begitu orang tuanya memutuskan tidak menggunakan jasa pembantu rumah tangga, Elang bahkan bisa menanak nasi di rice cooker, menggoreng telur, mencuci piring, dan beberapa pekerjaan rumah yang sederhana. 

Sepulang  sekolah jam 15.30-an, ia belajar mengaji di Ponpes Raudhatul Qur’an Annasimiyyah jam 16.00-17.15 WIB. Sebelum  Magrib dia menyempatkan diri bermain bersama teman-temannya. Setelah shalat jamaah Maghrib di ponpes, makan malam, dan shalat Isya Elang harus belajar. Metodenya bisa berupa membaca, latihan soal atau tanya jawab. Kedua orang tuanya biasa mendampingi atau memberi ulasan materi. Kebetulan kedua orang tuanya adalah guru. Aktivitas menonton TV dan game di komputer tidak dilakukannya pada malam Senin sampai malam Jumat. Pada hari-hari belajar itu dia kadang mendapat ijin untuk menonton TV khusus acara “On The Spot” di malam hari yang menayangkan pengetahuan populer dan “Sport 7” di pagi hari menjelang sekolah. Kedua orang tuanya mengijinkan menonton kedua acara tersebut bila semua tugas dan proses belajar telah diselesaikan. Dia dibebaskan main game dan menonton TV pada hari Sabtu dan Minggu. Hari Minggu pagi dia latihan renang di klubnya.

Ketika ditanya tentang cita-cita dan kegemarannya, Elang sedikit bermimik  fokus dan serius. Elang menyebut peneliti, arkeolog, dan perwira militer adalah cita-citanya. Hobinya adalah menggambar, membaca buku serta mengoleksi mainan unik. Dia biasa membaca dan memainkan koleksinya di waktu senggang, termasuk ketika menjelang tidur. Bila ia memiliki uang saku dari kerabat atau hadiah kejuaraan dia lebih suka membeli buku atau mainan unik untuk tambahan koleksi. Tentunya setelah disisihkan untuk ditabung. Ketika Merah Putih kunjung ke rumahnya di Jalan Puspanjolo Timur XII / 30.A, deretan buku, mainan, dan souvenir tertata rapi memenuhi setiap rak yang tersedia.

Elang tidak suka jajan sembarangan. Ia lebih suka makanan dan minuman yang disediakan orang tuanya di rumah. Menurutnya makanan dan minuman di rumah itu lebih bersih, sehat, bergizi, dan enak. “Saya sangat suka masakan ibu dan nenek, terutama ketika dimasakkan nasi goreng dan  soto Purwodadi,”  kata anak berbintang Libra dan bershio Naga Emas ini (lahir 21 Oktober 2000). Untuk membuat tubuhnya lebih sehat  ia menggemari olah raga renang, bersepeda, dan sepak bola bersama teman-temannya.

Meski menjalani cukup banyak aktivitas tiap harinya, Elang tetap santai menjalaninya. “Sekali santai tetap santai, tapi serius lho!”, pungkas Elang Timur.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: