Oleh: majalah merah putih | Agustus 30, 2012

Tirto Arum Oase di Jalur Pantura

GambarSiang yang cerah menyambut kedatangan kami dipelataran Agrowisata Tirto Arum Baru, kabupaten Kendal. Sedikit mengeryitkan dahi ketika mengamati area depan Agro Wisata Tirto Arum Baru. Pasalnya, areanya terbilang sempit untuk sebuah agro wisata. Namun, tekad untuk menyusuri salah satu objek andalan warga Kendal tak menyurutkan langkah kami untuk masuk ke dalamnya.

Setalah membayar tiket masuk Rp. 3.500,00 segera saja kami berjalan mengitari  area agrowisata ini. Pada bagian depan area ini kami mendapati sebuah ruang yang cukup luas yang diperuntukan sebagai kafetaria lengkap dengan meja-meja panjang. Berbagai makanan dan minuman siap  saji dapat dipesan pengunjung di sini. Pengunjung akan dimanjakan dengan aneka hidangan lezat dan sambil mencicipi hidangan tersebut dapat menikmati  pemandangan kolam renang berair nan jernih.

Dilihat dari bermacam fasilitas agrowisata Tirto Arum Baru yang masih terus dikembangkan, nampaknya kolam renang menjadi icon andalan objek ini. Di Tirto Arum Baru ini terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak dengan air yang jernih kebiru-biruan. Kolam renang untuk dewasa berada dibagian depan dengan standar olimpiq, sedangkan untuk anak-anak dilengkapi dengan sarana permainan air yang cukup mengasyikan. Kita dapat menikmati suasana segar dan menyenangkan bersama keluarga, berbasah-basah  dan bercanda ria dengan anak-anak tercinta.

Masuk lebih dalam area ini baru kami sadar, bahwa kesan sempit yang kami dapati setelah melihat bagian depan menjadi terbantah. Pada bagian dalam ternyata area ini sangat luas. Posisinya yang “ngantong” inilah yang menyebabkan kesan sempit dibagian muka area Agrowisata Tirto Arum Baru ini, padahal bagian dalamnya sangat luas dengan berbagai sarana penunjang. Kami teruskan berjalan-jalan sembari menikmati segarnya angin yang bebas bersilalang di antara tanaman perdu yang banyak terdapat di sana-sini.  Aha…ada hal yang cukup menarik di sini. Sebuah pulau kecil yang dikeliling danau buatan mungil yang tamak asri. Airnya cukup jernih dengan riak ombak kecil yang disebabkan angin yang tak henti berderai. Letak danau buatan ini berada di sisi kiri area Agrowisata ini.  Perahu karet atau becak Air tinggal kita pilih untuk mengelilingi sebuah pulau kecil tersebut.

 Gambar

Wahana Outbound yang Seru

Matahari semakin beranjak ke tengah. Kami masih asyik berjalan di antara rimbun pohon-pohon mangga yang berdaun lebat. Dari arah persawahan terlihat sekelompok anak-anak TK yang tengah seru bergumul lumpur berburu bola warna-warni di petak sawah. Teriakan canda tawa mereka polos dan lepas khas kanak-kanak. Sesekali Ibu guru pendampingnya mengingatkan untuk jangan saling melempar lumpur.

Gambar

Ya. Di Agrowisata Tirto Arum Baru ini juga tersedia sarana out bound cukup lengkap. Dengan berbagai sarana bertualang dan ketangkasan seperti flying fox, bungee trampoline, ayunan berantai, meniti tambang, main polo lumpur, naik perahu atau rakit di danau buatan, dan lain-lain. Agaknya pengelola sadar betul ketika konsep wisata agro kurang diminati masyarakat, maka kesan Tirto Arum Baru sebagai wisata out bound harus bertambah kuat. Bagaimanapun pengelola tidak bisa mengelak dari tuntutan pasar. Sehingga sebagian kebun yang semula ada dan menjadi ciri khas sebuah wisata agro, mulai hilang berubah menjadi wahana outbound. Salah seorang pengelola mengatakan kalau dulu pernah ada kebun lidah buaya dan mengkudu, tetapi terpaksa digusur untuk mendirikan hotel.

 

Penginapan dan Kuliner

Gambar

Jika Anda ingin menikmati suasana malam yang khas dengan nuansa yang berbeda, beberapa vila dan Hotel “Pondok Keluarga” yang bersih, dilengkapi AC dan TV untuk keluarga siap melayani keinginan Anda. Memang akan terasa lebih nyaman dan nikmat setelah seharian berpetualang, kita merebahkan diri di pondok yang menyatu dengan alam. Menikmati ringkik suara jangkrik dan serangga malam, sembari menghirup udara segar yang bercampur dengan kembang-kembang. Atau melepas pandang pada luasnya areal persawahan yang dipenuhi tanaman pada yang mulai menguning. Sungguh sebuah paduan harmoni alam yang menyejukan.

Pengelola agrowisata Tirto Arum Baru menawarkan pilihan penginapan maupun villa, baik untuk 2 orang, paket keluarga, paket untuk  sepuluh orang hingga sampai 40 orang lengkap dengan fasilitas yang memadai, seperti AC, kamar mandi di dalam, TV dan air panas.

Dari sekian banyak yang bisa kita nikmati di lokasi wisata ini, yang paling mengesankan adalah  suasana kuliner  yang disajikan secara lesehan di tengah-tengah kebun Mangga.  Ada juga Resto “Padi”  karena kuliner disajikan di pinggir sawah yang tengah ditanami padi. Sambil menyantap makanan kita disuguhi oleh pemandangannya benar-benar alami berupa hamparan padi yang selalu meliuk-liuk dihela angin.  Menu yang tersedia berupa berbagai masakan khas lesehan, masakan tradisional Jawa maupun seafood.

Hemm… memang benar Agrowisata Tirto Arum Baru pantas dapat disebut sebagai sebuah oase bagi wisatawan yang melewati Pantura dari barat ke timur atau sebaliknya. Jika Anda melintas kota-kota dari Tegal sampai Semarang,  atau pulang dari Semarang menuju kota-kota lain dari sisi barat ada baiknya jika Anda menyempatkan diri singgah di Tirto Arum Baru untuk mereguk kesegarannya. (Taryadi)

 

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: