Oleh: majalah merah putih | Agustus 30, 2012

SMP TUNAS HARAPAN, SATU SISWA SATU PC TABLET

SMP TUNAS HARAPAN

SATU SISWA SATU PC TABLET

Gambar

Satu siswa, satu PC Tablet, inilah terobosan baru yang dilakukan oleh SMP Tunas Harapan Semarang. Langkah maju ini bertujuan demi menompang pembelajaran berbasis IT yang menjadi visi misi sekolah.

Muhammad Muhaemi SPd, Kepala Unit Informasi Akademik  YPI Almuhajirin Tulus Harapan (Yayasan yang menaungi SMP Tunas Harapan) menjelaskan bahwa program satu siswa satu PC Tablet ini adalah upaya menambah pengetahuan siswa dengan sumber informasi yang tak terbatas dari orang-orang hebat. “Kita tahu pahwa perkembangan era Informasi dan Teknologi menuntut siswa untuk  menyesuaikan, maka kami mempunyai program satu siswa satu PC Tablet supaya siswa bisa mengikuti dan menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman,”jelasnya.

Masih menurut Muhaemin, pembagian PC Tablet kepada siswa dilakukan pada 16 Juli 2012. “manfaat dari penggunaan PC Tablet sebagai sarana belajar adalah mengurangi global worming, dengan mengurangi penggunaan kertas,” tegasnya.

SMP Tunas Harapan suda mulai melakukan konservasi dengan menanam pohon dan mengurangi penggunaan kertas. Penggunaan PC Tablet mempermudah penyampaian materi belajar karenan nantinya semua materi yang diberikan oleh guru, bisa di download melalui e learning dan buku-buku bacaan bisa dijadikan e book dan bisa dibaca di I Pad.

Peningkatan SDM Guru

Persiapan yang dilakukan Yayasan Al Muhajirin Tulus Harapan sebagai pemilik SMP Tunas Harapan yaitu melakukan peningkatan SDM guru dengan cara pelatihan-pelatihan selama masa libur sekolah. “Kalau program untuk siswa adalah satu siswa satu PC Tablet, maka kepada guru, setiap orang diberikan satu laptop untuk menunjang proses KBM “ cetus Muhaemin.

Untuk mendukung program pembelajaran berbasis IT di SMP Tunas Harapan, maka pada 25 – 26 Juni 2012. Yayasan Al Muhajirin Tulus Harapan menyelenggarakan pelatihan pembuatan media pembelajaran. “untuk guru kami melaksanakan program pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan power point, makro media flash, sedangkan untuk siswa mendapatkan tutorial setelah mendapatkan PC Tablet,”

Penerimaan peserta didik

Ada dua jalur perekrutan untuk peserta didik baru di SMP Tunas Harapan. Pertama, jalur prestasi yaitu siswa dengan nilai rata-rata diatas delapan, gratis semua biaya pendidikan baik SPP maupun SPI selama tiga tahun, sedangkan yang kedua yaitu jalur non prestasi atau reguler mendapatkan bonus satu PC Tablet. “Ada 20 siswa yang tahun ini gratis biaya pendidikan selama tiga tahun di SMP Tunas Harapan,” tegas Muaemin.(dr)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: